MEDIAKITA.CO.ID РDua unit bus dihadirkan dalam pembukaan Banjarbaru Murdjani Festival 2021, di Lapangan Dr Murdjani, Jumat (17/12/21) kemarin. Tujuannya, tak lain untuk memperkenalkan lebih dekat tampilan luar hingga interior bus kepada masyarakat luas.
Secara kasat mata, fisik bus tersebut memilik tampilan mentereng dengan balutan warna kuning yang dikombinasikan dengan motif sasirangan serta rumah adat Banjar berwarna hijau kalem pada bagian sisi kiri, kanan, dan belakang badan bus.
Bergeser ke bagian depan, terdapat perangkat yang bisa digunakan untuk meletakkan beberapa sepeda milik penumpang.
Lalu, pintu bus ini bisa terbuka maupun tertutup secara otomatis. Artinya, saat penumpang ingin memasuki dan menaiki TEMAN Bus, mereka cukup menekan sebuah tombol yang terletak di sisi kanan pintu depan.

Tampilan TEMAN Bus dari Kemenhub RI. Foto – Dok. Mediakita.co.id
Masuk ke bagian dalam, penumpang akan disuguhkan dengan barisan kursi yang terlihat begitu empuk. Kemudian, jika beberapa penumpang tidak mendapatkan tempat duduk, tak perlu risau. Sebab, meski harus berdiri, mereka tetap bisa menjaga keseimbangan dengan berpegangan pada handlegrip yang tergantung dekat bagian kabin.
Tak kalah penting, untuk memberikan rasa nyaman kepada para penumpang, bus tersebut juga dilengkapi dengan fasilitas penyejuk udara atau Air Conditioner (AC). Bahkan, bagi penumpang yang memilik keterbatasan atau disabilitas juga disediakan tempat duduk spesial. 
Wali Kota Banjarbaru, Aditya Mufti Ariffin menyampaikan bahwa TEMAN Bus ini merupakan bantuan dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI, untuk melayani masyarakat yang masuk dalam aglomerasi Banjarbakula (Banjarmasin, Banjarbaru, Kabupaten Banjar, Barito Kuala).
“Jadi nanti pusat control system-nya ada di Banjarbaru. Pengoperasiannya bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan,” kata Aditya.

Tampilan dalam TEMAN Bus. Foto – Dok. Mediakita.co.id
Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kota Banjarbaru, Ahmad Yani Makkie menambahkan, pihaknya berharap kehadiran TEMAN Bus ini kedepannya dapat memberikan manfaat serta kemudahan bagi masyarakat, khususnya dalam pelayanan transportasi massal.
“Yang jelas moda transportasi Banjarbakula ini angkutan yang aman, nyaman, dan murah. Insya Allah murah dan menyenangkan,” tutupnya. (dm/hns)