Forum Lalin Jalan dan Angkutan Kota Banjarbaru merekayasa ulang U-Turn di depan salah satu rumah makan cepat saji

Beberapa waktu lalu U-turn didepan Rumah makan cepat Saji menjadi perbincangan hangat di Forum Lalin, dianggap membahayakan akhirnya Rambu putar balik (U-Turn) di Jalan A Yani KM 33,9 Banjarbaru atau tepatnya di depan salah satu rumah makan cepat saji, direkayasa ulang oleh Forum Lalu Lintas Jalan dan Angkutan Kota Banjarbaru, Rabu (18/8/21). 
Pelaksanaan Dalam giat rekayasa ulang U-Turn ini, terlihat hadir petugas dari Satuan Lalu Lintas (Sat Lantas) Polres Banjarbaru, Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Kalimantan Selatan, Dishub Kota Banjarbaru, Satpol PP Banjarbaru, serta Dinas PUPR Banjarbaru.
Kasat Lantas Polres Banjarbaru, Iptu Eko Guntar melalui PS. Kanit Pendidikan dan Rekayasa (Dikyasa) Satlantas Polres Banjarbaru, Aipda Muhammad Achyar Fauzi, S.H menerangkan, penutupan U-Turn di depan salah satu rumah makan cepat saji ini merupakan tindak lanjut dari hasil rapat Forum Lalin Banjarbaru pada tanggal 12 Juli 2021 lalu, yakni tentang laporan dan evaluasi seringnya terjadi kecelakaan lalu lintas di Jalan A Yani KM 33,9 Kota Banjarbaru atau di sekitar U-Turn tersebut.
“Sering terjadi kecelakaan, pelanggaran lalu lintas, kemudian ada juga ‘Pak Ogah’ yang mengatur lalu lintas yang tidak sesuai dengan ketentuan. Penutupan ini juga didukung langsung oleh pihak bersangkutan (rumah makan),” terang Aipda Achyar.

Rekayasa ulang di U-Turn depan salah satu rumah makan cepat saji untuk sementara waktu menggunakan bahan dari besi

Aipda Achyar menambahkan, penutupan U-Turn di titik lokasi ini rencananya akan berlaku efektif sampai seterusnya. Sebab kata Achyar, kerawanan lalu lintas di sekitar U-Turn ini sudah jelas. Meski begitu lanjut Achyar, ke depan pihaknya akan berkoordinasi lebih lanjut dengan pihak-pihak terkait, apakah penutupan U-Turn ini bersifat permanen atau tidak.
“Jadi, besi penghalang ini sementara bantuan dari Mc’D juga. Nanti akan dievaluasi efektivitasnya. Jika mengurangi kemacetan, kecelakaan lalu lintas, maka akan dilakukan penutupan permanen,” tutupnya.
Di tempat yang sama, Kepala Dinas Perhubungan Kota Banjarbaru, A Yani Makkie melalui Kabid LLAJ, Taufik Purwanto mengatakan bahwa pihaknya menyambut baik dan mendukung penutupan U-Turn di depan rumah makan cepat saji itu.
Ia juga berharap, penutupan ini bisa mengurangi angka kecelakaan lalu lintas yang sering terjadi di sekitar U-Turn.
“Kita harapkan dengan adanya penutupan U-Turn ini, masyarakat bisa lebih taat dengan rambu-rambu lalu lintas yang ada, tetap menjaga keselamatan diri sendiri dan juga orang lain,” tuturnya. (tim)

dikutip dari https://mediakita.co.id/u-turn-kilometer-339-direkayasa-ulang?fbclid=IwAR1OW4WG82hjA7GSaJXJ_Ude0Tf2RXsUI4p9bVAYgKsbkvV2PAjpfiw-aGc