Bulan September merupakan bulannya insan perhubungan Indonesia. Di bulan ini, tepatnya 17 September diperingati sebagai Hari Perhubungan Nasional disingkat dengan Harhubnas.

Berikut ini adalah Logo Harhubnas 2019 beserta dengan tema, makna logo, tagline, dan patokan warna berdasarkan Keputusan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor KM 164 Tahun 2019 :

LOGO

Silakan unduh logo harhubnas 2019 di sini (file format .png).

TEMA
Adapun tema dalam Harhubnas 2019 kali ini adalah : Merajut Nusantara Membangun Bangsa, Bakti Insan Perhubungan untuk Indonesia Unggul Indonesia Maju.

MAKNA LOGO
Bentuk Manusia Saling Berpegangan dalam logo ini mendeskripsikan komitmen terus meningkatkan kualitas dan daya saing SDM transportasi yang saling bersinergi dalam mewujudkan transportasi yang aman, nyaman, dan selamat di seluruh Indonesia.

Jumlah Empat Manusia dalam logo ini mewakili empat sektor transportasi (Darat, Laut, Udara, dan Perkeretaapian) yang terintegrasi dalam mewujudkan konektivitas di Indonesia.

Warna Warni dalam logo ini mendeskripsikan harapan dan impian yang ingin dicapai oleh seluruh elemen di Kementerian Perhubungan yang mewujudkan transportasi yang aman, nyaman, dan selamat di seluruh Indonesia.

Tagline Bakti Nyata Insan Perhubungan digunakan dalam peringatan Harhubnas 2019 memresentasikan bagaimana seluruh elemen Kementerian Perhubungan dan seluruh stakeholder bersama-sama dengan nyata membangun konektivitas yang sinergi guna mewujudkan transportasi yang berkeselamatan bagi seluruh masyarakat pengguna transportasi di Indonesia.

SEJARAH SINGKAT HARI PERHUBUNGAN NASIONAL

Setiap tanggal 17 September insan perhubungan di seluruh Indonesia memperingati Hari Perhubungan Nasional atau biasa disingkat Harhubnas. Tahukah kamu tentang Harhubnas?

Pada awalnya, setiap Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sektor perhubungan memiliki hari jadi atau hari bakti masing-masing yang waktunya relatif berdekatan. Hal ini seringkali menyebabkan tidak efisien dari segi waktu dan biaya. Akhirnya, pada Tahun 1971 melalui Keputusan Menteri Perhubungan nomor SK.274/G/1971 tanggal 26 Agustus 1971 tentang Hari Perhubungan Nasional, hari jadi atau hari bakti tiap BUMN sektor perhubungan disatukan menjadi Harhubnas yang diperingati setiap tanggal 17 September.

Peringatan Harhubnas sesuai SK. 274/G/1971 tanggal 26 Agustus 1971 memilki 3 tujuan utama, yaitu:

1. meningkatkan rasa kebersamaan dan jiwa korsa warga perhubungan serta dengan mitra kerja jasa perhubungan pada umumnya
2. meningkatkan kesadaran dan tanggung jawab untuk selalu ikut membudayakan peningkatan pelayanan yang lebih baik
3. meningkatkan penghayatan dan pengamalan 5 citra manusia perhubungan

Sementara untuk tema Harhubnas tahun 2019 yaitu, “ Merajut Nusantara Membangun Bangsa, Bakti Insan Perhubungan untuk Indonesia Unggul Indonesia Maju. “

untuk kembali memaknai Hari Perhubungan Nasional sebagai hari bakti insan perhubungan kepada bangsa dan negara tercinta Indonesia. Pemaknaan itu dibuktikan dengan terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dengan seluruh pengabdian yang tulus dan ikhlas, agar terwujud jasa transportasi yang handal, selamat, aman dan nyaman.

Selamat Hari Perhubungan Nasional tahun 2019 Mari terus mengabdi dan berbakti untuk kemajuan negeri.

Di kutip dari berbagai sumber ; https://balaiperawatan.id/logo-harhubnas-2019/

Logo Harhubnas 2019 Dan Sejarah Singkat Dinas Perhubungan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.